Pj Gubernur Sultra Dianugerahi Gelar Adat Kolakino Liwu Pancana, Simbol Kehormatan di Buton Tengah

- 19 April 2024, 20:43 WIB
 Pj Gubernur Sultra Dianugerahi Gelar Adat Kolakino Liwu Pancana, Simbol Kehormatan di Buton Tengah
Pj Gubernur Sultra Dianugerahi Gelar Adat Kolakino Liwu Pancana, Simbol Kehormatan di Buton Tengah /Dok. Kendari Kita/IC

KENDARI KITA - Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol. Dr (HC).H. Andhap Budhi Revianto, S.I.K.,MH, telah resmi dianugerahi gelar adat Kolakino Liwu Pancana oleh perangkat adat Buton Tengah (Buteng).

Penganugerahan gelar yang sakral ini dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Buteng, pada Jumat 19 April 2024.

Pada acara tersebut, Forkopimda serta para akademisi yang dipimpin oleh Prof. La Niampe turut menyaksikan penganugerahan tersebut.

Baca Juga: Tri Bagikan Ribuan Hadiah dalam Program Kebut Hadiah BombasTri

Pj Gubernur Sultra, usai menerima gelar adat, menyatakan rasa terima kasihnya kepada pemangku adat Buteng.

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada ketua dan perangkat adat di Buton Tengah," kata Pj Gubernur Sultra, Jumat, 19 April 2024.

Mantan Kapolda Sultra ini juga menegaskan bahwa penganugerahan gelar adat tersebut bukan hanya seremoni biasa, tetapi juga sebuah tanggung jawab untuk memajukan adat Buteng.

Baca Juga: Rasanya Enak dan Lezat, Berikut Resep Makanan Sambal Teri Pedas Membuat Nafsu Makan Bertambah

"Saya juga menyampaikan kepada pak bupati bahwa penganugerahan gelar adat ini bukan sekedar penganugerahan adat saja tetapi ini tanggung jawab kita bersama untuk memajukan adat," tegas Andap Budhi Revinato.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Buteng, Dr. Drs. Andi Muhammad Yusuf, menyatakan bahwa penganugerahan adat tersebut beralasan karena melalui mekanisme yang melibatkan tokoh adat dan tim peneliti akademisi.

Halaman:

Editor: Emil Rusmawansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah