Indosat dan Mastercard Berkolaborasi Meningkatkan Keamanan Siber dan Ekonomi Digital Indonesia

- 19 April 2024, 21:25 WIB
Indosat dan Mastercard Berkolaborasi untuk Meningkatkan Keamanan Siber dan Ekonomi Digital Indonesia
Indosat dan Mastercard Berkolaborasi untuk Meningkatkan Keamanan Siber dan Ekonomi Digital Indonesia /Dok. Kendari Kita/IC

KENDARI KITA - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mengatasi tantangan keamanan siber dan memperkuat ekonomi digital Indonesia dengan meresmikan Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence (CoE).

Acara tersebut dihadiri oleh Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan Michael Miebach, CEO Mastercard, bersama dengan jajaran eksekutif senior dari kedua perusahaan.

Menanggapi meningkatnya tantangan keamanan siber global, dengan prediksi kerugian hingga USD 14 triliun pada 2028, Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut melalui pendekatan edukasi, inovasi, dan kolaborasi industri.

Baca Juga: Giona Nur Alam Ambil Formulir Pendaftaran Balon Wali Kota Kendari di PDIP

Survei global terbaru juga mengungkapkan bahwa 72 persen serangan siber di Asia disebabkan oleh kurangnya tenaga ahli di bidang tersebut.

Indosat-Mastercard Cybersecurity Center of Excellence bertujuan untuk mengatasi kesenjangan tersebut dengan memfokuskan pada tiga pilar utama:

  1. Edukasi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keamanan siber melalui peningkatan akses pendidikan serta pelatihan keamanan siber.
  2. Inovasi melalui penelitian di beberapa area utama keamanan siber dan digital trust dengan memanfaatkan teknologi terbaru.
  3. Kolaborasi Industri dalam mendeteksi dan memitigasi penipuan.

Baca Juga: Lirik Lagu Berjudul 'Kurangnya Apa' Oleh Arief Tentang Seseorang yang Mengira Kekasihnya Tulus

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengungkapkan rasa terhormat Indosat dalam berkontribusi dalam mengatasi tantangan keamanan siber di Asia Pasifik, khususnya Indonesia.

Dia menyatakan keyakinannya bahwa upaya tersebut akan memajukan sumber daya manusia keamanan siber di Indonesia.

"Kami merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mengatasi tantangan keamanan siber di Asia Pasifik, khususnya Indonesia," kata Vikram Sinha, Kamis, 18 April 2024.

Halaman:

Editor: Emil Rusmawansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah