Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 Sultra, Komitmen Bank Indonesia Mudahkan Masyarakat Akses Uang Layak Edar

- 5 Mei 2023, 23:34 WIB
Bank Indonesia melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Sulawesi Tenggara di tahun 2023.
Bank Indonesia melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Sulawesi Tenggara di tahun 2023. /Istimewa/

KENDARI KITA-Bank Indonesia melanjutkan kesuksesan pelaksanaan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) Sulawesi Tenggara di tahun 2023.

Setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2022, kali ini Bank Indonesia (BI) bersama Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali melaksanakan ERB Sulawesi Tenggara 2023 yang ditandai dengan pelepasan tim ekspedisi ERB.

Pelepasan ini disaksikan oleh Kepala Departemen Pengelolan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim,  Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut,  Laksamana Pertama Retiono Kunto,serta disaksikan oleh Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tenggara, Forkominda Sulawesi Tenggara, Wali Kota Kendari,  di Pangkalan Angkatan Laut Kendari, Jumat, 5 Mei 2023.

Baca Juga: Taeyong NCT Dikonfirmasi Bakal Debut Album Solo Perdana

Keberangkatan Tim ERB Sulawesi Tenggara ini tak lepas daridukungan MABES TNI AL, yang mengerahkan armada KRI Kakap (811).

Armada KRI Kakap akan bertolak menuju Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko dan Pulau Runduma pada titik terjauh Wakatobi.

"Ekspedisi Rupiah Berdaulat ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) untuk mendapatkan uang layak edar," kata Kepala Kantor Perwakilan (KPrw) BI Sultra, Doni Septadijaya, dalam keterangan resmi BI Sultra, Jumat, 5 Mei 2023.

Baca Juga: Seorang Pria Asal Tinanggea Tewas Dililit Ular saat Menggembalakan Sapi di Kebun Miliknya

Kegiatan ini, menurut Doni, juga menjadi bagian dari perjanjian kerja sama antara Bank Indonesia dengan TNI AL mengenai Pendistribusian, Pengamanan, dan Pengawalan Uang Rupiah dari dan ke Bank Indonesia atau Perwakilan BI serta Wilayah Perbatasan, Terdepan, dan Terluar serta Terpencil (3T) di NKRI.

Kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2012 silam ini telah diwujudkan dengan 92 kali kegiatan penukaran uang yang menjangkau sebanyak 480 pulau.

Halaman:

Editor: Mirkas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x