Pemkab dan Bulog Konawe Distribusi Beras SIGAP SPHP di Lima Pasar

- 31 Agustus 2023, 16:15 WIB
Pemkab dan Bulog Konawe mulai distribusi beras Sigap SPHP.
Pemkab dan Bulog Konawe mulai distribusi beras Sigap SPHP. /Ilfa/kendarikita.com

KENDARI KITA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Bulog Konawe mulai menjalankan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Konawe, Ferdinand Sapan didampingi Kepala Bulog Konawe, Abdan Djarmin, Kadis Koperindag, Muhammad Nur serta Camat Sampara Muhsin, di Pasar Modern Kapita Lau Dalami, Kecamatan Sampara.

Kegiatan yang bertajuk SIGAP SPHP ini merupakan program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Badan Urusan Logistik (Bulog), yang sudah berlangsung sejak Senin 28 Agustus 2023 dan diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Baim Wong Marah Berujung Viral, Ternyata Persiapan Diskon Tambah Lapak Streaming Jualan ke Shopee Live

Untuk wilayah Kabupaten Konawe, kegiatan ini dilakukan secara serentak di 5 pasar yaitu Pasar Sampara, Pasar Pondidaha, Pasar Wawotobi, Pasar Asinua dan Pasar Lambuya, dengan mempercayakan beberapa outlet pengecer yang berada di pasar – pasar tersebut untuk mendistribusikan beras SPHP.

Sekda Konawe, Ferdinand Sapan mengatakan, pemerintah melalui Bulog telah menyalurkan beras murah yaitu SPHP ke pedagang yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga, khususnya harga pangan komoditi beras, serta memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang selama ini membeli beras dengan harga yang melebihi dari standar pemerintah. Mulai hari ini pemerintah menyiapkan beras murah dengan kualitas medium.

“Harapan kita, program ini memberikan manfaat untuk menjaga stabilitas harga serta kemampuan belanja masyarakat, khususnya di Kabupaten Konawe. Mudah-mudahan setelah perbaikan jaringan irigasi kita, yang rencananya per tanggal 1 September, akan ada beberapa wilayah yang sudah akan buka pintu pengairan, sehingga 3 - 4 bulan kedepan kondisi ketersediaan pangan kita khususnya beras, akan semakin bagus,” ungkap Ferdy.

Baca Juga: Dibuka Asisten Deputi dan Olahraga, Kejuaraan Tarkam Kemenpora di Konawe Mulai Digelar

Disamping itu, Kepala Bulog Konawe, Abdan Djarmin mengatakan, upaya yang dilakukan hari ini secara bersamaan di beberapa tempat merupakan kewajiban pemerintah, dalam hal ini Bulog yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, mencoba memberikan pelayanan ke masyarakat dengan memberikan harga beras paling rendah, yaitu untuk per 5 kg seharga Rp. 47.000, yang pada umummnya di pasar dijual dengan harga Rp55.000 sampai dengan Rp.60.000.

Halaman:

Editor: Mirkas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x