Bahri Prioritaskan Kebijakan Pro Rakyat, Dukung Pengembangan UMKM di Muna Barat

- 1 Desember 2023, 22:59 WIB
Pj Bupati Muna Barat, Bahri dukung pengembangan UMKM.
Pj Bupati Muna Barat, Bahri dukung pengembangan UMKM. /Hasan Jufri/kendarikita.com

KENDARI KITA - Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Dr. Bahri terus menjalankan kebijakan yang berpihak pada masyarakat.

Salah satunya adalah dukungan terhadap sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang diharapkan terus bertahan dan mengalami pertumbuhan pascapandemi Covid-19.

Kadi Kominfostandi Muna Barat, Al Rahman menyampaikan, bahwa Dr Bahri menilai UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya di Kabupaten Muna Barat.

Baca Juga: Kerja Keras Bahri Membuahkan Hasil Positif, Angka Kemiskinan di Muna Barat Turun

"Untuk itu, pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan perhatian penuh terhadap pengembangan UMKM di daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja," ujar Al Rahman, Jum'at 1 Desember 2023.

Al Rahman pun mengungkapkan beberapa terobosan Dr Bahri dalam mendukung pengembangan UMKM di Muna Barat, diantaranya fasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Pemerintah Kabupaten Muna Barat terus mendorong agar pelaku UMKM di Muna Barat memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai dasar legalitas mereka dalam menjalani usahanya. Untuk itu, Pemda Muna Barat membuat kebijakan kemudahan penerbitan NIB secara cepat dan gratis, pelaporan LKPM serta pelayanan pengaduan," ungkapnya, Jumat 1 Desember 2023.

Baca Juga: Cabuli Delapan Anak Dibawah Umur, Seorang Lelaki di Konawe Diringkus Polsek Soropia

Lebih lanjut, Kadis Kominfostandi, dalam hal memberikan kemudahan penerbitan NIB ini, Pemda Muna Barat tidak hanya menunggu di kantor, melainkan turun langsung ke lapangan dengan program Sapa Kampung (Safari Melayani Sampai Kampung).

Halaman:

Editor: Mirkas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah