Kapal Tongkang Nyaris Terbalik, Ore Nikel Tumpah di Perairan Lasolo Konawe Utara

- 11 Juni 2024, 17:37 WIB
Kapal Tongkang Nyaris Terbalik, Ore Nikel Tumpah di Perairan Lasolo Konawe Utara
Kapal Tongkang Nyaris Terbalik, Ore Nikel Tumpah di Perairan Lasolo Konawe Utara /Dok. Kendari Kita/Mirkas

KENDARI KITA - Insiden yang hampir berujung pada bencana maritim terjadi di Perairan Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin, 10 Juni 2024.

Sebuah kapal tongkang yang membawa muatan ore nikel, TB ITS Ruby, bersama dengan Tugbot BG Marine Power 3009 milik PT Marindo Jaya Sejahtera (MJS), nyaris terbalik dan menyebabkan tumpahan ore nikel ke dalam laut.

Sebuah rekaman video berdurasi 38 detik yang berhasil diabadikan oleh awak media menunjukkan kapal tersebut sudah dalam posisi miring dengan ore nikel yang berserakan di permukaan laut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Berambisi Taklukkan Filipina

Kejadian ini mengakibatkan perubahan warna air laut menjadi kemerahan, mengindikasikan tingkat pencemaran yang signifikan.

Kepala Seksi Kesyabandaran Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Molawe Konut, Capt. Sorindra, mengungkapkan ke media, tujuan kapal tongkang tersebut, bertolak membawa ore nikel ke salah satu Jetty di Kelurahan Kolonodale, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Informasi yang saya peroleh dari staf UPP Lapuko kapalnya karam, makanya kapal itu berlabuh di Perairan Lasolo, belum diketahui pasti penyebab kapal tongkang itu karam, dan nyaris terbalik," kata Capt. Sorindra, Senin, 10 Juni 2024.

Baca Juga: Polri dan PMPI Gelar Diskusi Bersama Habib Luthfi untuk Internaliasasi Wawasan Kebangsaan

Lebih lanjut, Capt. Sorindra menambahkan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam penanganan insiden tersebut.

"Teknisnya bukan di kami. Itu berada di wilayah kerja UPP Lapuko Konsel untuk memeriksa," tegasnya.

Halaman:

Editor: Emil Rusmawansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah