Mahasiswa UHO Prodi Budidaya Perairan Raih Paten Pertama dan Tercepat di Sultra

- 15 Mei 2024, 08:29 WIB
Mahasiswa UHO Prodi Budidaya Perairan Raih Paten Pertama dan Tercepat di Sultra
Mahasiswa UHO Prodi Budidaya Perairan Raih Paten Pertama dan Tercepat di Sultra /Dok. Kendari Kita/Mirkas

KENDARI KITA - Universitas Halu Oleo (UHO) kembali menorehkan prestasi membanggakan.Tim mahasiswa dari Program Studi Budidaya Perairan (BDP), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UHO, yang masih duduk di semester enam, berhasil meraih paten pertama sekaligus tercepat sepanjang sejarah UHO dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penyerahan sertifikat paten dilakukan pada Selasa 14 Mei 2024 di aula Kantor Kemenkumham Provinsi Sulawesi Tenggara.

Keberhasilan ini menjadi momen bersejarah karena hingga saat ini belum ada mahasiswa yang berhasil mendapatkan hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat: Allah akan Percepat Rizkinya, Inilah Kunci Utama dalam Mencari Nafkah Agar Selalu Berkah

Selain itu, biasanya proses perolehan paten memerlukan waktu 2-3 tahun, bahkan ada yang mencapai 5-6 tahun.

Namun, tim mahasiswa BDP UHO hanya memerlukan waktu kurang dari 6 bulan, mulai dari pengajuan paten pada 12 Oktober 2023 hingga disetujui pada 6 Mei 2024.

Tim peraih paten ini diketuai oleh Lista Septiani Tarigan, dengan anggota Ahmad Naufal Radhi, Sandra Mayang Sari, Feri Renaldi, dan Khusnul Qarima Firdaus.

Baca Juga: Cara Buatnya sangat Mudah dan Rasanya Dijamin Enak, Inilah Resep Masakan Mie Tek Tek Kuah

Mereka dibimbing oleh Prof. H. Agus Kurnia dan Prof. La Ode M. Aslan. Paten ini diraih berkat inovasi berjudul "Komposisi pakan ikan gurami (Osphronemus gouramy) yang mengandung tepung anggur laut dan tepung daun kelor terfermentasi."

Inovasi ini berasal dari hasil penelitian yang didanai melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023 yang merupakan wadah kegiatan yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, untuk memfasilitasi potensi mahasiswa dalam mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajari.

Halaman:

Editor: Emil Rusmawansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah