Hugua, Bakal Calon Gubernur Sultra, Dorong Agroekologi Melalui Pendidikan Bersama LSM Sintesa

- 14 Mei 2024, 20:08 WIB
Hugua, Bakal Calon Gubernur Sultra, Dorong Agroekologi Melalui Pendidikan Bersama LSM Sintesa
Hugua, Bakal Calon Gubernur Sultra, Dorong Agroekologi Melalui Pendidikan Bersama LSM Sintesa /Dok. Kendari Kita/Mirkas

KENDARI KITA - Untuk memajukan pertanian berkelanjutan di Sulawesi Tenggara (Sultra), bakal calon gubernur Sultra, Hugua, menunjukkan komitmennya melalui program pendidikan agroekologi.

Program ini dijalankan oleh LSM Sintesa, yang didirikan oleh Hugua 30 tahun yang lalu, bekerja sama dengan Universitas Halu Oleo dan Universitas Sulawesi Tenggara dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hugua menyampaikan program tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar pertanian berbasis agroekologi di studi center Sintesa lalu mengutus mereka terjun langsung ke desa binaan Sintesa yang tersebar di seluruh Sultra.

Baca Juga: Resep Masakan Nasi Kuning Nusantara, Cara Membuatnya Mudah dan Praktis Rasanya Dijamin Enak

"Hugua menambahkan, "Agroekologi dimaknai sebagai cara bertani yang mengintegrasikan aspek lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat secara komprehensif. Kita mengedepankan keuntungan ekonomi dan konservasi lingkungan secara berkelanjutan," kata Hugua, Selasa, 14 Mei 2024.

Menurut Hugua, agroekologi mampu menghasilkan produksi pertanian yang lebih tinggi dibandingkan dengan pola pertanian konvensional.

Namun, tantangan terbesar adalah sosialisasi, karena masyarakat sudah terbiasa dengan penggunaan pestisida.

Baca Juga: Inilah Resep Kue Bakpao, Cocok Untuk Menu Sarapan Pagi, Memiliki Rasa Yang Khas Enak dan Mengguga Selera

Hugua mengatakan, LSM Sintesa melibatkan mahasiswa pertanian sebagai calon petani modern dalam pilot project untuk mensukseskan penerapan agroekologi dalam sistem pertanian di Sulawesi Tenggara.

Hasil riset menunjukkan bahwa dengan pola agroekologi, tanaman padi bisa menghasilkan sampai 13 ton per hektare. Ini adalah masa depan pertanian Sultra yang harus kita garap secara serius.

Halaman:

Editor: Emil Rusmawansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah