Indonesia Tuan Rumah Workshop Global DTC untuk Akselerasi Literasi Digital

- 16 Mei 2024, 21:23 WIB
Indonesia Tuan Rumah Workshop Global DTC untuk Akselerasi Literasi Digital
Indonesia Tuan Rumah Workshop Global DTC untuk Akselerasi Literasi Digital /Dok. Kendari Kita/Mirkas

KENDARI KITA - Indonesia telah ditunjuk sebagai tuan rumah workshop tahunan Global DTC (Digital Transformation Center), yang merupakan inisiatif dari International Telecommunications Union (ITU) dan Cisco.

Workshop ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK), dengan kolaborasi dari Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH).

Fokus utama dari workshop ini adalah akselerasi literasi digital, terutama bagi masyarakat yang kurang terlayani.

Baca Juga: Berikut Resep Membuat Kue Bola Bola Pisang yang Enak dan Lezat, Cocok untuk Menu Jualan

Tujuan workshop ini adalah untuk mengumpulkan titik fokus dari seluruh Digital Transformation Centers (DTCs) dari berbagai wilayah untuk mendiskusikan pentingnya keterampilan digital dalam implementasi inisiatif, mengeksplorasi ide-ide baru untuk mendukung karya DTCs, dan menindaklanjuti tindakan yang disepakati untuk kemajuan pencapaian tujuan DTCI.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nezar Patria, menekankan pentingnya literasi digital, telekomunikasi, dan konektivitas dalam meningkatkan daya saing bangsa di level global. Ia menyatakan,

“Literasi digital, telekomunikasi, dan konektivitas adalah aspek penting dalam meningkatkan daya saing bangsa di level global. Lewat lintas kolaborasi antara Badan PBB, swasta, dan pemerintah, kami bertujuan untuk mewujudkan visi jangka Panjang Indonesia Emas 2045, menekankan pentingnya peran teknologi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mewakili Pemerintah, Kementerian Komunikasi dan Informatika sepenuhnya mendukung inisiatif ini," kata Nezar Patria, Kamis, 16 Mei 2024.

Baca Juga: KPP Kendari Evakuasi Kapal Rakyat Q Express di Perairan Batauga, Busel, 36 Penumpang Diselamatkan

Sementara itu, Direktur, Biro Pengembangan Telekomunikasi, ITU, Dr Cosmas Luckyson Zavazava, menegaskan komitmen ITU untuk memajukan upaya transformasi digital global dan mempromosikan inklusi digital.

"Kami berkomitmen untuk menutup kesenjangan keterampilan digital melalui inisiatif pengembangan kapasitas. Inisiatif Pusat Transformasi Digital adalah salah satu sarana utama kami dalam hal ini dan kami bangga telah menempuh perjalanan panjang bersama Anda," ungkap Dr Cosmas Luckyson Zavazava.

Halaman:

Editor: Emil Rusmawansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah