Elektabilitas Demokrat Semakin Positif, Rusda Mahmud: Rakyat Rasional Ingin Pembaharuan dan Perubahan

- 22 Juni 2022, 11:15 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpose bersama masyarakat dalam sebuah kegiatan.
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpose bersama masyarakat dalam sebuah kegiatan. /Istimewa/kendarikita.com

KENDARI KITA - Dalam beberapa hasil survey nasional yang dilakukan terkait elektabilitas partai politik, angka elektabilitas Partai Demokrat menunjukkan konsistensi kenaikan.

Suvei Litbang Kompas baru-baru ini menempatkan partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut berada di peringkat ketiga dengan nilai elektabilitas 11,6 persen, dibawah PDIP 22,8 persen dan Gerindra 12,5 persen.

Legislator DPR RI Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra) Rusda Mahmud menilai hasil ini sebagai bentuk konsistensi Partai Demokrat dalam mengawal dan menyuarakan aspirasi rakyat, mulai dari tingkat bawah sampai di tataran elite.

Baca Juga: Reses di Kelurahan Anaiwoi, Sudirman Sahuti Permintaan Masyarakat

Rusda Mahmud jugamenyebutkan, bahwa kenaikan angka elektabilitas Partai Demokrat ini sebagai jawaban yang menepis keraguan beberapa kalangan diawal kepemimpinan AHY.

Mantan Bupati Kolaka Utara dua periode ini menjelaskan, penguatan kompetensi dan karakter humanis dalam mengawal aspirasi masyarakat oleh seluruh kader Partai Demokrat, sebagai nilai-nilai dasar yang selalu ditanamkan oleh AHY terbukti mampu mengatrol kepercayaan masyarakat.

Secara umum, lanjut Rusda Mahmud, Partai Demokrat menilai ada tiga kunci kenaikan elektabilitasnya.

Baca Juga: KPK Diminta Periksa Wali Kota Kendari Terkait Korupsi Dana PEN Rp349 Miliar

Pertama, konsistensi Partai Demokrat menyuarakan aspirasi masyarakat terkait kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat, yang disampaikan secara terintegrasi di ruang publik, baik di parlemen pusat maupun daerah.

"Hal ini terjadi dikarenakan oleh kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data, membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat sesuai dengan harapan publik," ungkap Rusda Mahmud, Rabu 22 Juni 2022.

Kedua, konsolidasi organisasi yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga membuahkan hasil positif. Soliditas semakin terjaga. Kebersamaan dan loyalitas kader semakin terbentuk.

Halaman:

Editor: Mirkas


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x