1705 WBP di Sulawesi Tenggara Terima Remisi Kemerdekaan, Enam Diantaranya Langsung Bebas

- 17 Agustus 2022, 15:19 WIB
Gubernur Sultra, Ali Mazi serahkan surat remisi secara simbolis kepada empat WBP yang langsung bebas hari ini.
Gubernur Sultra, Ali Mazi serahkan surat remisi secara simbolis kepada empat WBP yang langsung bebas hari ini. /Mirkas/kendarikita.com

KENDARI KITA - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) menjadi kado terindah bagi enam narapidana (Napi)di Sulawesi Tenggara (Sultra).

 Bagaimana tidak, dari 1705 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mendapatkan remisi kemerdekaan, enam diantaranya menghirup udara bebas (langsung bebas).

Enam Napi yang dinyatakan langsung bebas itu merupakan warga binaan dari tiga rumah tahanan (Rutan) di Sultra. Diantaranya, empat orang dari Rutan Kendari, satu orang dari Rutan Unaaha dan satu lagi dari Rutan Muna.

Baca Juga: Kemenkumham Beri Surat Pencatatan Kekayaan Intelektual untuk Musik Gambus Karya Rahmatullah

Dari enam napi tersebut, empat diantaranya diundang di Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menerima secara simbolis SK remisi HUT RI dari Kemenkumham RI, yang diserahkan oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

 Gubernur Sultra, Ali Mazi yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Laoly menjelaskan, bahwa kemerdekaan Bangsa Indonesia merupakan nikmat dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yang wajib disyukuri bersama.

Menurutnya, rasa syukur tersebut tentunya menjadi milik segenap lapisan masyarakat, termaksud warga binaan pemasyarakatan.  Oleh karena itu, pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana atau remisi bagi mereka (WBP, red) yang telah menunjukan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan.

Baca Juga: Plt Dirjen DJKI Apresiasi Mobile IP Clinic Kanwil Kemenkumham Sultra

"Serta telah memenuhi syarat substantif dan administratif sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ujar Ali Mazi membacakan sambutan Menteri Kumham RI.

Halaman:

Editor: Mirkas


Tags

Terkait

Terkini

x