Hari Perempuan Internasional, Sejarah Panjang Merangkul Kesetaraan

- 8 Maret 2023, 22:03 WIB
Ilustrasi-Hari Perempuan Internasional/International Women's Day,  sejarah panjang merangkul kesetaraan.
Ilustrasi-Hari Perempuan Internasional/International Women's Day, sejarah panjang merangkul kesetaraan. /Pixabay.com/Hansuan_Fabregas / 824 images /

KENDARI KITA-Hari Perempuan Internasional atau International Woman Day (IWD), lahir sejak awal 1900-an. Masa dimana ekspansi dan pergolakan besar di dunia industri yang menyaksikan ledakan pertumbuhan populasi dan kebangkitan ideologi radikal terjadi.

Sejak hari itu, Perempuan dunia melewati fase sejarah panjang perjuangan merangkul kesetaraan.

Hari ini, persis di tanggal 8 Maret 2023, perempuan merayakan perjuangannya. #EmbraceEquity (merangkul kesetaraan) jadi tema yang diusung tahun ini.

Baca Juga: Edarkan 22,99 Gram Sabu, Ibu Rumah Tangga di Kendari Diamankan Polisi

Melansir laman resmi International Women's Day, Hari Perempuan Internasional melewati rangkaian peristiwa sejarah hingga ditetapkan peringatannya setiap tanggal 8 Maret.

Tahun 1990, keresahan besar dan perdebatan kritis terjadi di kalangan perempuan. Penindasan dan ketidaksetaraan perempuan memacu perempuan lebih vokal dan aktif mengampanyekan perubahan.

Kemudian pada tahun 1908, 15.000 wanita berbaris di ruas jalan New York City menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak suara.

Baca Juga: Jadwal Acara TV di RTV, Rabu 8 Maret 2023 : Saksikan Ejen Ali, Kerajaan Sakti dan Pendekar 12 Rasi Bintang

Berdasarkan deklarasi Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional (NWD) pertama diperingati di seluruh Amerika Serikat pada tanggal 28 Februari.

Perempuan terus merayakan NWD pada hari Minggu terakhir bulan Februari hingga tahun 1913.

Halaman:

Editor: Mirkas

Sumber: International Women's Day


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x