Jokowi: ASEAN Tak Boleh Jadi Proksi Siapapun

- 4 Februari 2023, 18:21 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi /kemlu.go.id/

KENDARI KITA-Presiden RI Jokowi menegaskan bahwa ASEAN tidak boleh menjadi proksi (perantara, antek, dll) dari pihak mana pun.

Jokowi juga menekankan pentingnya menjaga sentralitas dan kesatuan negara ASEAN.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, pada Jumat, 3 Februari 2023 usai mendampingi Presiden saat menerima kunjungan kehormatan Menlu ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN.

Baca Juga: Skor Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Anjlok, Ini Kata Jokowi

“Bapak Presiden menekankan pentingnya penghormatan terhadap prinsip-prinsip demokrasi hukum internasional, hak asasi manusia sesuai dengan apa yang di dalam Piagam ASEAN,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, mewakili statement resmi Presiden RI Jokowi, Sabtu, 4 Februari 2023.

Di samping itu, Jokowi juga menggarisbawahi bahwa lima poin kesepakatan para pemimpin ASEAN atau five point consensus menjadi kesepakatan utama dalam membantu penyelesaian masalah di Myanmar.

Baca Juga: Mengenal Kayazah Anaziah, Model Cilik yang Tampil Ciamik di Catwalk Keren Keren Beken Sultra 2023

“Presiden juga menekankan bahwa five point of consensus akan tetap menjadi mekanisme utama ASEAN di dalam meng-address isu atau perkembangan di Myanmar,” lanjutnya.

Hal lain yang ditekankan Presiden kepada para Menteri Luar Negeri ASEAN, menurut Retno yaitu mengenai dorongan agar ASEAN menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi di tengah gelapnya proyeksi ekonomi dunia.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Mulai Dibuka, Berikut Link Pendaftaran dan Syarat Lengkapnya

Halaman:

Editor: Mirkas

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub