Aksi Penipuan di Kendari, Foto Sudirman Dipakai Meminta Uang untuk Renovasi Masjid

- 8 Juni 2024, 17:29 WIB
Korban penipuan, Hj. Nur Alan, pengelola Masjid Rahmat Sadirin
Korban penipuan, Hj. Nur Alan, pengelola Masjid Rahmat Sadirin /Dok. Kendari Kita/Mirkas

KENDARI KITA - Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan pejabat daerah.

Baru-baru ini, sebuah kasus penipuan terungkap di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, di mana foto dan nama Anggota DPRD Sultra, Sudirman, digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk meminta uang.

Modus penipuan yang dilakukan adalah dengan menawarkan bantuan renovasi untuk masjid atau yayasan, dan kemudian meminta sumbangan uang kepada masyarakat.

Baca Juga: Ketua Kerukunan Keluarga Bajo Apresiasi Kebijakan Polda Sultra Dalam Penerimaan Bintara Polri 2024

Salah satu korban, Hj.Nur Alan, mengungkapkan bahwa penipuan ini dimulai dari akun Facebook yang menggunakan foto profil Sudirman.

"Awalnya pelaku menampilkan unggahan di facebook bahwa mencari mesjid untuk di bantu rehab mengatasnamakan Sudirman. Kemudian saya menanggapi dan pelaku ini langsung meminta nomer rekening mesjid. Kemudian saya berikan," kata Hj. Nur Alan, pengelola Masjid Rahmat Sadirin, Sabtu, 8 Juni 2024.

Namun, setelah dijanjikan uang untuk renovasi Masjid Rahmat Sadirin di Baruga, Kota Kendari, ternyata itu hanyalah kebohongan.

Baca Juga: Misi Diplomatik Anggota BKSAP DPR RI Hugua Berkunjung Ke Namibia Perkuat Hubungan Bilateral

"Saat itu kita percaya telah mengirim uang ke rekening Masjid puluhan juta mengatasnamakan Sudirman, kami belum cek dulu itu uang ada atau tidak," ungkapnya.

Pelaku juga sempat mengaku gabung di salah satu masjid di Palopo Sulsel. Bahkan pelaku juga meminta kami pihak mesjid untuk mengirimkan uang sebesar Rp5 juta ke masjid di Palopo tersebut. Kami krim lah uang itu,"  lanjutnya.

Halaman:

Editor: Emil Rusmawansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah