5 Aturan Menabung Dana Darurat, Menolong saat Kepepet

- 19 Maret 2023, 23:59 WIB
Ilustrasi-
Ilustrasi- /Pixabay.com/nattanan23 / 34 images/

KENDARI KITA-Memiliki dana darurat adalah suatu keharusan bagi setiap orang dewasa yang bertanggung jawab secara finansial. Aturan ini akan membantu memastikan bahwa dana darurat siap saat anda membutuhkannya.

Dana darurat dapat disebut dengan banyak nama, tetapi pada intinya, ini adalah kebutuhan ekonomi yang penting bagi siapa pun yang mencari stabilitas keuangan.

Dana darurat merupakan jaring pengaman darurat alias bantalan kas untuk mengatasi kesulitan keuangan seperti kehilangan pekerjaan, diusir, atau mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Pendapat Ulama soal Ziarah Kubur Jelang Ramadhan

Dana darurat adalah penyelamat keuangan yang membuat anda bertahan selama masa sulit.

"Ketika kami memikirkan dana darurat, kami hanya ingin memastikan bahwa seseorang memiliki uang tunai untuk pengeluaran apa pun yang tidak terduga," kata Lauren Anastasio, pakar keuangan CFP.

"Apakah itu masalah membawa Anda dari satu gaji ke gaji berikutnya, beralih dari gaya hidup dari gaji ke gaji, atau sesuatu yang sedikit lebih substansial, seperti kemampuan untuk menghidupi diri sendiri jika anda kehilangan pekerjaan, itu benar-benar dapat membantu, dengan berbagai cara."

Baca Juga: Polisi Grebek Lokasi Penampungan PSK, 39 Orang Berhasil Diamankan: Ada Anak Dibawah Umur Lho

Semua orang tahu, pada tingkat tertentu, penting untuk memiliki tabungan untuk digunakan dalam keadaan darurat; seperti apa tabungan itu, di mana tempat penyimpanannya, dan dan tujuan penggunaannya, adalah aspek-aspek dana darurat yang tidak begitu jelas.

Untuk membantu menjernihkan beberapa kebingungan, Anastasio menjawab pertanyaan utama orang-orang tentang dana darurat. Dengan sedikit keberuntungan, nasihatnya yang cerdas dan dapat dicapai akan membuat orang yang paling tidak cerdas secara finansial di antara kita bergerak sedikit lebih dekat ke tujuan keuangan yang paling penting: membentuk dana darurat.

Untuk menyelami lebih jauh strategi memiliki dana darurat, kita terlebih dulu harus mengetahui bahwa setiap orang menjalani kehidupan yang berbeda, dan semua situasi keuangan berbeda.

Baca Juga: Berikut Ini Daftar Harga iPhone Pada Bulan Maret 2023: Ada Harganya yang Turun Lagi

Beberapa orang memiliki banyak dukungan keuangan dari keluarga mereka, beberapa menghadapi hutang pendidikan, medis, atau kartu kredit (atau hutang sejenisnya).

Saat membaca tip keuangan pribadi, penting untuk mempertimbangkan segala sesuatu dalam konteks situasi keuangan pribadi anda dan melakukan yang terbaik untuk anda.

Halaman:

Editor: Mirkas

Sumber: Real Simple


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x