Perbankan Ketahuan Main Aman Soal Penyaluran KUR, DPR: Penyalurannya Harusnya Tanpa Jaminan

- 5 Maret 2023, 22:57 WIB
Ilustrasi-Komisi XI DPR RI menekankan  skema penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM tanpa agunan alias jaminan.
Ilustrasi-Komisi XI DPR RI menekankan skema penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM tanpa agunan alias jaminan. /Freepik.com/freepik/

KENDARI KITA-Komisi XI DPR RI menekankan  skema penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM tanpa agunan alias jaminan.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, M. Amir Uskara menegaskan bahwa penyaluran KUR bagi UMKM adalah tanpa agunan alias jaminan.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat KTP Digital, Bermodal Smartphone dan Jaringan Internet

Penegasan Amir ini diungkapkan setelah melihat implementasi Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) saat ini masih mengalami beberapa hambatan dilapangan dan belum sesuai seperti yang diharapkan.

Utamanya terkait KUR yang masuk kriteria pinjaman dengan nominal Rp25 juta kebawah bagi pengusaha mikro yang semestinya dapat diberikan tanpa memerlukan agunan alias jaminan, justru pada praktiknya masih ditemui pelanggaran terhadap aturan yang telah disepakati.

"Terkait dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) memang ada beberapa hal yang sering menjadi hambatan di lapangan yang tidak sesuai dengan apa yang telah kita sepakati, terutama KUR bagi pengusaha mikro yang harusnya tanpa agunan ini masih dibebankan oleh perbankan tingkat bawah untuk menyiapkan agunan. (Persoalan) KUR untuk pengusaha mikro ini juga banyak kami dapatkan selama kami keliling di seluruh daerah di Indonesia, dimana ternyata KUR ini masih belum mencapai dari apa yang kita harapkan," ungkap Amir Uskara.

Baca Juga: Keistimewaan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Padahal, lanjut Amir, keberadaan KUR untuk usaha mikro ini ditujukan agar dapat menambah UMKM baru yang diharapkan bisa menggerakkan ekonomi di daerah masing-masing.

"Untuk KUR  yang ada saat ini juga kami soroti karena ternyata banyak penerima KUR itu bergulir di satu UMKM saja, dimana seharusnya KUR itu menyebar ke tempat lain. Hal itu mungkin perbankan ingin bermain aman terhadap dana KUR itu, sehingga mereka gulirkan di tempat yang sama. Ini juga saya kira kurang maksimal karena yang kita harapkan KUR ini betul-betul bisa menyebar secara maksimal ke UMKM - UMKM yang ada di seluruh Indonesia sehingga mereka bisa bergerak dengan bebas untuk bisa meningkatkan usaha mereka," ujar Politisi PPP itu.

Dikatakannya, terkait Kredit Usaha Rakyat ini sebenarnya sudah disepakati bahwa ada jaminan dari pihak asuransi yakni Jamkrindo dan Askrindo. Beban bank sebenarnya hanya 30 persen dari beban yang ada. Artinya jika ada keterlambatan atau masalah terkait dengan pembiayaan KUR ini sebenarnya porsi beban bank hanya 30 persen, sedangkan yang lainnya sudah dijamin oleh asuransi. 

Halaman:

Editor: Mirkas

Sumber: dpr.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x