Masyarakat Konawe Jadi Sasaran Edukasi Pengenalan Investasi, Pinjaman Ilegal, dan Soceng

- 16 Februari 2023, 22:33 WIB
Ratusan masyarakat Desa Puupoha, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, jadi sasaran edukasi pengenalan investasi, pinjaman ilegal (pinjol), serta social engineering (soceng) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra).
Ratusan masyarakat Desa Puupoha, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, jadi sasaran edukasi pengenalan investasi, pinjaman ilegal (pinjol), serta social engineering (soceng) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra). /OJK Sultra/

KENDARI KITA-Ratusan masyarakat Desa Puupoha, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe, jadi sasaran edukasi pengenalan investasi, pinjaman ilegal (pinjol), serta social engineering (soceng) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Di hadapan ratusan masyarakat Desa itu, tim edukasi perlindungan konsumen, Renny Putri,  menjelaskan terkait investasi bodong dan pinjol ilegal yang marak terjadi.

Menurut Renny, saat ini banyak ditemukan paket investasi yang belakangan diketahui merupakan penipuan alias investasi ilegal, 'bodong'.

 

Baca Juga: Jajal Pasar Global, Kadin Sultra Ekspor 51 Ton Komoditas Perikanan

Renny menyebutkan salah satu ciri investasi ilegal ini. Salah satunya kata dia, paket investasi  yang tidak mengantongi izin otoritas terkait, yakni OJK. Investor yang terjerat menginvestasikan barang atau dana justru dirugikan dengan skema pemanfaatan atau penggunaan dana yang tidak jelas arahnya.

"Jadi, masyarakat mesti waspada investasi dan pinjaman online yang ilegal, karena di seluruh Indonesia sudah banyak contoh yang menjadi korban. Maka dari itu kami gencar lakukan edukasi pencegahan awal dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat luas." Kata Renny, Kamis, 16 Februari 2023.

Selain tak mengantongi izin resmi, masyarakat kata Renny, wajib mengenali ciri-ciri investasi ilegal lainnya diantaranya: keuntungan tidak wajar, member get member, menggunakan public figure, legalitas tidak jelas dan klaim tanpa resiko.

Baca Juga: Florist Ini Mengirim Ratusan Karangan Bunga Kepada Para Janda di Hari Valentine

Halaman:

Editor: Mirkas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x