BI Sultra Optimis Capai Target 120 Ribu User Baru QRIS di Tahun 2023

- 7 Januari 2023, 21:11 WIB
Kepala KPw BI Sultra, Doni Septadijaya.
Kepala KPw BI Sultra, Doni Septadijaya. /Mirkas/kendarikita.com

KENDARI KITA -Bank Indonesia (BI) Sultra, optimis mencapai target 120 ribu user baru atau pengguna baru sistem pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), Tahun 2023.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya, mengatakan bahwa meskipun target pengguna baru QRIS sebanyak 82 ribu user baru untuk wilayah Sultra tahun 2023 belum resmi dikeluarkan BI Pusat, namun pihaknya gerak cepat mengakeslerasi program perluasan QRIS, yang bermuara pada pencapaian target tersebut.

Baca Juga: Kasad Kunker ke Kendari, Tinjau Pembangunan Bantuan Rumah Dinas dan Kandang Sapi untuk Warga

"Angkanya belum keluar yah, tapi insya allah bisa tercapai targetnya sebanyak 82 ribu user baru," kata Doni, di Kendari, Jumat, 7 Januari 2023.

Adapun upaya yang dilakukan untuk memperluas pemgguna QRIS salah satunya adalah menerapkan transaksi keuangan di lingkup pemerintah daerah.

Baca Juga: Dikonfirmasi Berkencan dengan Lee Jong Suk, Ini Sekelumit Perjalanan Pahit IU Dari Awal Debut

Langkah strategis ini ditempuh dengan upaya kolaborasi pemanfaatan pembayaran retribusi pajak berbasis QRIS dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

"Pasalnya, transaksi yang dilakukan melalui retribusi maupun pajak memiliki jumlah yang cukup besar. Upaya selanjutnya adalah bagaimana untuk mengoptimalkan penggunaan QRIS di pasar-pasar yang ada di Kota Kendari. Jadi, selain transaksi penarikan retribusi oleh pengelola pasar, juga untuk transaksi perdagangannya antara penjual dan pembeli juga bisa dilakukan pakai QRIS," kata Doni.

Baca Juga: Komitmen PT GKP Stimulus Pertumbuhan Ekonomi Konkep

Upaya lain yang dilakukan demi mencapai target tersebut adalah menjalin kemitraan dengan pihak Perbankan, khususnya Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra.

Tujuannya, kata Doni, agar optimalisasi dan akselerasinya bisa tercapai secepatnya.

Baca Juga: Penumpang Longboat Tenggelam di Perairan Karang Masalakoe Berhasil Dievakuasi Tim SAR Kolaka

Doni menambahkan, saat ini BPD Sultra tengah mengajukan izin agar bisa menggunakan metode pembayaran digital QRIS.

Jika izin sudah diterbitkan, maka akselerasi perluasan QRIS di Sultra akan terwujud, didukung dengan nasabah bank Sultra yang didominasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: Trafik Akses Broadband Telkomsel Tumbuh Pesat Hingga 11,6 Persen

" Kalau jumlahnya sekitar 70 ribu di Sultra semuanya pakai QRIS, insya allah capaian target QRIS kita bisa tercapai dalam waktu yang singkat," pungkasnya.

Editor: Mirkas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x