ICMI Edukasi Mahasiswa Tentang Peran Bank dan Keuangan Syariah

- 29 Desember 2022, 22:58 WIB
Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengedukasi mahasiswa tentang peran Bank dan lembaga keuangan syariah lewat Studium General (SG), di gedung Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Kamis, 29 Desember 2022.
Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengedukasi mahasiswa tentang peran Bank dan lembaga keuangan syariah lewat Studium General (SG), di gedung Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Kamis, 29 Desember 2022. /kendari.pikiran-rakyat.com/Ceno/

KENDARI KITA-Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengedukasi mahasiswa tentang peran Bank dan lembaga keuangan syariah lewat Studium General (SG), di gedung Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Kamis, 29 Desember 2022.

Studium Generale (SG) adalah mata kuliah (MK) wajib yang dilaksanakan bersamaan/gabungan.

Baca Juga: Sinergi Lintas Stakeholder, Dispar Sultra Rumuskan Tata Kelola Wisata Toronipa

Ketua Pusat ICMI, Prof. DR. Arif Satria mengatakan, inovasi pada lembaga Perbankan harus disertai perubahan-perubahan komponen infrastruktur di dalamnya.

Apalagi kata dia, bisnis perbankan juga banyak yang tersaingi dengan entitas atau keberadaan  fintech (layanan jasa keuangan berbasis digital), sehingga menurut dia, perlu adanya penerapan ekonomi syariah.

Baca Juga: Ratna Lada Jajal Kursi DPD RI, Serahkan Syarat Dukungan 5.100 KTP ke KPU Sultra

"Keuangan syariah telah menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan tercepat di industri keuangan global, bahkan melampaui pasar keuangan konvensional," kata Arif.

Arif menilai, keuangan syariah memberi cara, kerangka, yang mengatur aset dan transaksi berdasarkan prinsip keadilan dan ketulusan.

Baca Juga: Temuan Menggegerkan di Kendari: Dikira Ubur-ubur, Ternyata Orok Bayi Berjenis Kelamin Laki-laki

"Semua itu terlihat dari mekanisme pembiayaan risiko yang adil dalam pembiayaan syariah serta kehadiran sosial keuangan syariah," ungkap Rektor IPB ini.

Ketua DPW ICMI Sultra, Prof. DR. H. Usman Rianse menilai bahwa  ICMI berperan menepis kesenjangan antarmasyarakat termasuk mereka yang berada dalam dunia pendidikan.

Baca Juga: Penjahat Kambuhan Berulah Lagi, Curi Motor Milik Salah Satu Warga di Kendari

"Tujuan dari kegiatan ini guna menyosialisasikan ekonomi syariah yang dimana ekonomi syariah ini berfokus pada keadilan dan kesejatraan, dan kita juga fokus pada syariah ini, jangan sampai syariah tapi kapitalis," ujarnya.

SG kali ini diketahui melibatkan rektor UMK,  Amir Mahmud, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh, serta 60 peserta mahasiswa.

Editor: Mirkas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x